Veneer Gigi | Solusi Praktis Gigi Tampak Putih dan Sehat

veneer gigi

Siapa sih yang tidak ingin memiliki gigi rapi, berwarna putih dan nampak sehat?  Kondisi semacam itu tentu saja membuat iri setiap orang karena mampu meningkatkan kepercayaan diri sekaligus menunjukan jika anda merupakan orang yang sangat peduli kebersihan. Faktanya kebanyakan orang hanya fokus pada penampilan wajah dan tubuh saja, berusaha membuatnya menarik dan bagus dengan bermacam cara misalnya saja pergi ke salon, perawatan rutin, facial, menggunakan beragam produk kecantikan, dan lain sebagainya. Sementara itu untuk kesehatan mulut meliputi gigi dan gusi, nampaknya belum terlalu di perhatikan, padahal bagian tersebut tak kalah penting karena juga menunjang penampilan seseorang.

veneer gigi

 

Trend Veneer Gigi Yang Sedang Hits

Sekarang ini popularitas pengguna kawat gigi sebagai trend sudah memudar dan di gantikan dengan veneer, veneer sendiri adalah salah satu proses memperbaiki kondisi gigi yang rusak ataupun kondisinya buruk dengan cara melapisi bagian luarnya menggunakan porselen atau komposit, selain mempercantik senyum banyak manfaat lain dari veneer gigi diantaranya:

  1. Veneer dapat menutup kekurangan pada permukaan gigi, seperti berlubang, patah, renggang ataupun strukturnya kurang rapi.
  2. Bisa menjadi solusi bagi gigi rusak dan warnanya kuning.
  3. Mampu menyempurnakan kontur dan profil wajah dari penggunanya, misalnya akan bertambah tirus selesai memasang veneer.

Tujuannya bisa bermacam-macam, mulai dari menambah tingkat kepercayaan diri, nilai estetika bagian gigi, menutupi kekurangan, dan sebagainya. Biasanya veneer gigi populer sekali di kalangan artis seperti vega darwanti, soiman dan masih banyak lagi lainnya, tetapi masyarakat luas sudah mulai mengenal serta mengikuti trend tersebut.

Tahapan dan Prosedur Veneer Gigi

Berdasarkan pemasangannya, veneer di bedakan menjadi dua jenis, yaitu direct dan indirect dengan kelebihannya masing-masing. Jika anda menginginkan proses cepat maka gunakan saja teknik direct karena hanya memakan waktu satu hari langsung selesai,  tetapi kwalitas bahannya tidak tahan lama dan hanya dapat di gunakan 5 tahunan saja. Sementara itu, indirect veneer dapat bertahan sampai jangka  waktu 15 tahun karena terbuat dari poselen terbaik yang di desain  khusus, akan tetapi setidaknya  penyelesain veneer indirect  memakan waktu cukup lama yaitu satu minggu lamanya, agar anda lebih jelas memahami apa itu veneer maka perhatikan dahulu proses pemasangan berikut ini!

  1. Pertama-tama anda akan berkonsultasi terlebih dahulu, Hal ini bertujuan untuk menentukan  kondisi gigi sebelum veneer di pasang, apakan memungkinkan atau butuh perawatan. Tidak semua gigi bisa di pasang veneer, bergantung kondisi kesehatan dan struktur tatanannya sendiri.
  2. Setelah semuanya selesai dan tidak ada masalah sama sekali, veneer akan di buat sesuai permintaan, pembuatan veneer bisa dari bahan komposit atau porselen yang nanti akan di cetak dulu atau langsung di lapisi pada permukaan gigi. Untuk ketebalannya sekitar 0,5 mm supaya tidak merusak email dan membuat ngilu gigi anda.
  3. Meskipun pada dasarnya veneer bertujuan untuk memutihkan gigi tetapi sebaiknya anda memilih warna gigi asli agar tidak terlalu berlebihan dan kontras. Setelah pemasangan selesai ada beberapa pantangan yang harus di patuhi oleh pengguna veneer. Adapun beberapa di antaranya seperti menghindari minuman seperti kopi, teh kental, dan minuman berwarna lainnya yang dapat meninggalkan plak atau noda kuning di permukaan gigi. Selain itu juga hindari kebiasaan buruk menggigit benda keras seperti bolpen, pensil, membuka tutup botol, menggigit kuku dan lainnya, atau makan makanan yang teksturnya keras seperti kepiting, menggigit es batu, dan lainnya sebagainya.